4 Obat Alami untuk Mengobati Mimisan Pada Anak
0 Comments

Mimisan adalah kondisi dimana terjadi pendarahan di dalam hidung. Mimisan bukanlah hal yang langka karena hampir setiap orang pernah mengalaminya, namun anak-anak usia 3 hingga 10 tahun cenderung lebih rentan terkena mimisan. Mimisan pada anak umumnya tidak berbahaya bahkan dapat diatasi dengan pengobatan alami di rumah. Lalu apa saja obatnya?

  1. Kompres Es Batu

Anda dapat menyiapkan es batu dan membungkusnya ke dalam kain atau handuk tipis, selanjutnya lakukan pengompresan dalam kondisi duduk selama kurang lebih 10 menit. Cara ini terbilang cukup efektif karena suhu dingin es batu dapat menyempitkan pembuluh darah pada hidung serta dapat memperlambat aliran darah dalam beberapa menit.

Namun jangan pernah menempelkan es batu secara langsung ke hidung karena dapat berdampak pada kerusakan jaringan.

  1. Air Garam

Apabila mimisan pada anak terjadi karena udara yang kering, cara alami mengobatinya adalah dengan menggunakan air garam. Air garam ternyata mampu mempersempit aliran pembuluh darah pada hidung, sehingga pendarahan akan lebih cepat berhenti. Tak hanya itu, air garam juga bermanfaat melembapkan lapisan dalam hidung serta mengurangi iritasi selaput hidung.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan air hangat yang telah diberi garam serta kapas. Basahi kapas dengan air garam lalu teteskan air garam secukupnya ke dalam lubang hidung dari kapas tersebut, dongakkan kepala si anak agar air garam tidak mengalir keluar.

  1. Daun Ketumbar

Daun ketumbar juga dapat menjadi obat ampuh pereda mimisan, karena ternyata daun ketumbar mengandung mineral dan vitamin yang sangat baik untuk menghentikan pendarahan pada hidung. Daun ketumbar juga bersifat menenangkan peradangan serta mendinginkan, itulah mengapa daun yang satu ini cukup ampuh digunakan untuk mengobati mimisan.

Caranya Anda dapat menghaluskan daun ketumbar dengan sedikit air, lalu saring dan ambil airnya. Teteskan air daun ketumbar secara perlahan ke dalam hidung si kecil untuk menghentikan pendarahan.

  1. Bawang Merah

Selain daun ketumbar dan garam, bahan lain yang bermanfaat sebagai obat alami mimisan adalah bawang merah. Hal ini disebabkan karena bawang merah kaya akan zat bioflavonoid serta vitamin C yang dapat memperkuat pembuluh darah kapiler.

Selain itu, bawang merah juga mengandung senyawa belerang yang dapat membantu pembekuan darah. Zat-zat yang terkandung dalam bawang merah tersebut yang berguna menghentikan pendarahan akibat pecahnya pembuluh darah. Caranya, potonglah bawang merah dan tempelkan irisan bawang di bawah hidung si kecil. Aroma bawang merah yang terhirup dapat membantu meredakan pendarahan.

Selain pengobatan, langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan agar buah hati tidak mudah mengalami mimisan adalah dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau yang mengandung vitamin K. Sayuran hijau yang mengandung vitamin K antara lain sawi, bayam, kale, kubis, dan brokoli.

Vitamin K berperan dalam pembentukan kolagen yang membantu membentuk lapisan lembap dalam hidung sehingga menjaga pembuluh darah agar tidak mudah pecah.

Itulah tadi 4 obat alami untuk meredakan mimisan pada anak. Semoga bermanfaat!

shares